Selasa, 30 Oktober 2012

Disdik Sumsel Scanning LJK

PALEMBANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel ternyata memakan waktu 24 jam untuk melakukan scanning lembar jawaban komputer (LJK) ujian nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP). Kepala Disdik Sumsel Drs Ade Karyana MEd melalui Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disdik Sumsel, Romzid SPd MM mengatakan, paket LJK berasal dari 15 kabupaten sehingga proses scanning pun membutuhkan waktu yang lama.
“Meskipun proses scanning hanya beberapa detik, namun karena banyaknya LJK yang harus di-scanning maka membutuhkan waktu yang cukup lama yakni 24 jam,” katanya, kemarin (24/4).
Ia mengatakan, paket LJK tersebut dikumpulkan ke setiap Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten masing-masing. Namun, penyegelan paket LJK UN langsung dilakukan oleh pengawas UN seusai ujian.
Pada saat subrayon SMP mengirimkan amplop LJK UN ke Disdikpora kabupaten sudah aman dalam penyegelan. “Disdikpora kabupaten hanya menerima amplop paket LJK UN dengan bentuk tersegel. Pengirimannya pun harus diawasi oleh pihak kepolisian, sehingga benar-benar  aman,” urainya.
Perjalanan pengiriman paket LJK membutuhkan waktu berjam-jam, namun pihaknya tetap menunggu kedatangan paket tersebut pada setiap mata pelajaran yang diujikan.
“Setiap hari LJK per mata pelajaran yang diujikan wajib dikirim hari itu juga. Jadi, hingga subuh pun kami tetap menunggu kedatangan paket UN dari seluruh kabupaten,” lanjutnya.
Di Disdik Sumsel sendiri, ruangan scanning dijaga ketat oleh pihak Kepolisian. Namun, sebelumnya, seluruh LJK UN melewati proses labeling terlebih dulu untuk melihat kelengkapan jumlah LJK.
Sementara itu, Disdikpora Palembang Drs Rizal Pahlevi MM melalui Kabid Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdikpora Palembang Drs Nursyamsu Alamsyah, mengungkapkan proses pengumpulan amplop LJK dari seluruh sub rayon Palembang berlangsung cepat dan tertib.
“Untuk hari ini (kemarin, red), semua amplop LJK UN SMP dari seluruh subrayon Palembang sudah terkumpul sekitar pukul 13.00 WIB. Jadi, kami bisa cepat mengirimnya ke Dinas Pendidikan Sumsel dan langsung diperiksa,” bebernya.
Kendati demikian, setiap hari mereka tetap menunggu pengumpulan amplop LJK UN siswa dari seluruh subrayon hingga pukul 16.00 WIB. “Kami tetap menunggu seluruh sub rayon mengumpulkan amplop LJK UN hingga waktu kerja usai,” tungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar